Unit 1 soal pilihan ganda
7.2
1.Manakah dari berikut yang bukan merupakan contoh bantuan keselamatan di tempat kerja?
a. Helm
b. Pengaturan ergonomis workstation
c. Pemeriksaan kesehatan berkala
d. Brosur panduan keselamatan
Jawaban: d. Brosur panduan keselamatan
2.Mengapa penting untuk memiliki prosedur evakuasi darurat di tempat kerja?
a. Untuk menghindari pembayaran kompensasi
b. Untuk memastikan keamanan karyawan
c. Agar karyawan memiliki alasan untuk absen
d. Untuk meningkatkan biaya asuransi perusahaan
E. Untuk mencari nama pada orang lain
Jawaban: b. Untuk memastikan keamanan karyawan
3.Apa yang harus dilakukan karyawan jika menemukan keadaan darurat di tempat kerja?
a. Menyembunyikan diri
b. Mengambil foto untuk media sosial
c. Melapor dan mengikuti prosedur evakuasi
d. Menunggu instruksi dari atasan
E. Menebak nembak orang yang salah
Jawaban: c. Melapor dan mengikuti prosedur Evakuasi
Unit 2
Element 1
No. 1.1
1.Apa yang merupakan komponen utama atmosfer bumi?
a. Nitrogen dan oksigen
b. Karbon dioksida dan oksigen
c. Hidrogen dan helium
d. Metana dan nitrogen
E. Helium dan nitrogen
Jawaban: a. Nitrogen dan oksigen
2.Berapa persen nitrogen yang terdapat dalam atmosfer bumi?
a. Sekitar 21%
b. Sekitar 78%
c. Sekitar 1%
d. Kurang dari 0.1%
E. Sekitar 2%
Jawaban : B. Sekitar 78%
3.Lapisan atmosfer yang paling dekat dengan permukaan bumi disebut:
a. Stratosfer
b. Troposfer
c. Mesosfer
d. Termosfer
E. Eksosfer
Jawaban: b. Troposfer
No. 1.2
1.Parameter meteorologi yang paling penting untuk keselamatan pelayaran adalah:
a. Suhu udara
b. Kelembaban udara
c. Angin
d. Tekanan udara
e. Tinggi gelombang
Jawaban: C.angin
2.Angin yang memiliki dampak paling signifikan terhadap pelayaran adalah:
a. Angin Monsun
b. Angin Darat
c. Angin Muson
d. Angin Kencang
e. Angin Lintang
Jawaban : D. Angin kencang
3.Parameter meteorologi yang digunakan untuk memprediksi cuaca buruk di laut adalah:
a. Curah hujan
b. Kelembaban relatif
c. Arah angin
d. Tekanan udara
e. Tinggi gelombang
Jawaban: e tinggi gelombang
No. 1.3
1.Salah satu kondisi cuaca yang paling membahayakan kapal adalah:
a. Cuaca cerah
b. Hujan ringan
c. Angin kencang
d. Kabut tipis
e. Angin sepoi-sepoi
Jawaban: c. Angin kencang
2.Unsur-unsur cuaca yang secara langsung dapat mempengaruhi navigasi kapal meliputi:
a. Tekanan udara
b. Curah hujan
c. Kecepatan angin
d. Visibilitas
e. Arah gelombang laut
Jawaban: c. Kecepatan angin
3.Unsur-unsur cuaca yang dapat membahayakan kapal termasuk:
a. Suhu udara
b. Kelembaban udara
c. Arah angin
d. Tinggi gelombang
e. Semua jawaban di atas
Jawaban: e. Semua jawaban di atas
Element 2
No. 2.1
1.Apa yang menjadi penyebab terbentuknya awan?
a. Penguapan air dari lautan
b. Pengembunan air di udara
c. Pengendapan debu dan partikel di atmosfer
d. Kondensasi uap air di udara
e. Semua jawaban di atas
Jawaban: d. Kondensasi uap air di udara
2.Awan cirrus biasanya memiliki penampilan seperti apa?
a. Tebal dan hitam
b. Tersebar dan berlapis-lapis
c. Tipis, berserat, dan seperti benang
d. Gelap dan tebal, menutupi langit sepenuhnya
e. Cerah dan berkilauan
Jawaban: c. Tipis, berserat, dan seperti benang
3.Awan stratus biasanya terlihat seperti:
a. Puff-puff dan terputus-putus
b. Tipis dan menyerupai benang
c. Tersebar di langit dalam bentuk gumpalan yang besar
d. Gelap dan berkilauan
e. Tipis dan membentuk lapisan yang datar
Jawaban: e. Tipis dan membentuk lapisan yang datar
Unit 2.2
- 1.ketinggian ombak dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk:
a. Kecepatan angin
b. Kedalaman laut
c. Durasi angin yang meniup
d. Jarak tempuh angin
e. Semua jawaban di atas
Jawaban: e. Semua jawaban di atas
2.Jenis ombak yang terbentuk akibat pengaruh angin yang konstan, baik dari arah yang sama maupun berubah-ubah, disebut:
a. Ombak gelombang
b. Ombak pasang surut
c. Ombak tsunami
d. Ombak badai
e. Ombak transien
Jawaban: a. Ombak gelombang
3.Apa yang menjadi penyebab utama terjadinya ombak di laut?
a. Perubahan suhu udara
b. Pergerakan pasang surut
c. Aktivitas vulkanik di dasar laut
d. Angin yang menghasilkan gaya geser pada permukaan air laut
e. Perubahan tekanan udara
Jawaban: d. Angin yang menghasilkan gaya geser pada permukaan air laut
Element 3
No. 3.1
1.Bagian yang bertanggung jawab atas penerbitan NTM (Notice to Mariners) biasanya adalah:
a. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)
b. Badan SAR Nasional (Basarnas)
c. Badan Keamanan Laut (BKL)
d. Kantor Pelayanan Informasi Hidrografi dan Oseanografi (KIPHO)
e. Semua jawaban di atas
Jawaban: d. Kantor Pelayanan Informasi Hidrografi dan Oseanografi (KIPHO)
2.Informasi cuaca dari BMKG dan NTM sangat penting bagi:
a. Penerbangan saja
b. Pelayaran dan navigasi kapal
c. Pertanian
d. Kegiatan pariwisata
e. Semua jawaban di atas
Jawaban: b. Pelayaran dan navigasi kapal
3.Sumber informasi cuaca yang biasanya diperoleh dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di Indonesia adalah:
a. Pusat Tsunami
b. Pusat Gempa Bumi
c. Pusat Prakiraan Cuaca
d. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi
e. Semua jawaban di atas
Jawaban: c. Pusat Prakiraan Cuaca
No. 3.2
1.Informasi cuaca yang diperoleh dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sering digunakan untuk:
a. Mengatur lalu lintas udara
b. Membantu penyelidikan kejahatan
c. Merencanakan perjalanan darat
d. Mengawasi keamanan perbatasan
e. Memastikan keselamatan pelayaran
Jawaban: e. Memastikan keselamatan pelayaran
2.Kapal-kapal yang mengandalkan informasi dari NTM biasanya melakukan apa?
a. Menjual barang di pelabuhan
b. Mengangkut penumpang dari satu pelabuhan ke pelabuhan lainnya
c. Melakukan kegiatan olahraga air
d. Mengirim pesan ke kapal-kapal lainnya
e. Berlayar di perairan yang aman sesuai dengan informasi yang diberikan
Jawaban: e. Berlayar di perairan yang aman sesuai dengan informasi yang diberikan
3.NTM (Notice to Mariners) berfungsi untuk memberikan informasi kepada kapal-kapal tentang:
a. Jalur pelayaran teraman
b. Kondisi cuaca di pelabuhan
c. Perubahan-perubahan navigasi yang penting untuk keselamatan pelayaran
d. Daftar kapal yang melanggar hukum
e. Harga bahan bakar di pelabuhan
Jawaban: e. Memastikan keselamatan pelayaran
No. 3.3
1.Apa langkah terakhir yang harus dilakukan setelah menerapkan informasi cuaca dari BMKG, NTM, peta isobar, dan peta isotherm sesuai dengan SOP?
a. Melanjutkan pelayaran tanpa memperhatikan informasi cuaca
b. Mengandalkan pengalaman pribadi daripada informasi cuaca
c. Melakukan perubahan rute pelayaran sesuai dengan informasi cuaca yang diberikan
d. Menutup semua peralatan navigasi
e. Melaporkan kondisi cuaca kepada pihak berwenang setempat
Jawaban: c. Melakukan perubahan rute pelayaran sesuai dengan informasi cuaca yang diberikan
2.Apa fungsi peta isotherm dalam navigasi kapal?
a. Untuk menunjukkan suhu udara di berbagai wilayah laut
b. Untuk menunjukkan arah angin di berbagai wilayah laut
c. Untuk menunjukkan ketinggian gelombang laut di berbagai wilayah laut
d. Untuk menunjukkan perubahan tekanan udara di berbagai wilayah laut
e. Untuk menunjukkan lokasi kapal-kapal besar di laut
Jawaban: a. Untuk menunjukkan suhu udara di berbagai wilayah laut
3.Apa fungsi utama NTM (Notice to Mariners) dalam pelayaran?
a. Memberikan informasi tentang harga bahan bakar di pelabuhan
b. Memberikan panduan navigasi yang penting untuk keselamatan pelayaran
c. Memberikan daftar kapal yang sedang berlayar di wilayah perairan tertentu
d. Memberikan informasi tentang cuaca di daratan
e. Memberikan informasi tentang jadwal pelayaran kapal-kapal besar
Jawaban: b. Memberikan panduan navigasi yang penting untuk keselamatan pelayaran
Element 4
No. 4.1
1.Manakah dari berikut yang merupakan alat yang biasa digunakan untuk mengukur tekanan udara?
a. Thermometer
b. Anemometer
c. Barometer
d. Hygrometer
e. Luminometer
Jawaban: c. Barometer
2.Di mana sebaiknya barometer ditempatkan untuk pengukuran yang akurat?
a. Di dalam lemari penyimpanan
b. Di dekat jendela
c. Di ruang dapur
d. Di dinding luar bangunan
e. Di dalam ruangan yang stabil dan terlindung dari gangguan langsung
Jawaban: e. Di dalam ruangan yang stabil dan terlindung dari gangguan langsung
3.Apa yang harus diperhatikan saat memasang barometer?
a. Pastikan terpapar langsung oleh sinar matahari
b. Pastikan posisinya dekat dengan sumber panas
c. Pastikan tidak terpapar langsung oleh angin
d. Pastikan terpasang di luar ruangan untuk pengukuran yang lebih akurat
e. Pastikan terpapar langsung oleh hujan
Jawaban: c. Pastikan tidak terpapar langsung oleh angin
No. 4.2
1.Alat manakah yang biasanya digunakan untuk mengukur tekanan udara?
- a. Thermometer
b. Anemometer
c. Barometer
d. Hygrometer
e. Pluviometer
Jawaban: c. Barometer
2.Di mana sebaiknya barometer ditempatkan untuk pengukuran yang akurat?
- a. Di dalam ruang penyimpanan bahan kimia
b. Di luar ruangan di bawah sinar matahari langsung
c. Di ruang dapur di dekat kompor
d. Di ruang tamu di dekat jendela
e. Di dalam ruangan yang stabil dan terlindung dari gangguan langsung
Jawaban: e. Di dalam ruangan yang stabil dan terlindung dari gangguan langsung
3.Bagaimana seharusnya termometer ditempatkan untuk pengukuran suhu udara yang akurat?
a. Di dalam ruangan yang gelap
b. Di luar ruangan di bawah sinar matahari langsung
c. Di dalam kulkas
d. Di dalam ruangan yang panas
e. Di tempat yang terbuka dan jauh dari sumber panas atau dingin langsung
Jawaban: e. Di tempat yang terbuka dan jauh dari sumber panas atau dingin langsung
No. 4.3
1.Saat melakukan pembacaan tekanan udara dengan barometer, langkah pertama yang harus dilakukan adalah:
a. Menyimpan barometer di luar ruangan untuk beberapa saat
b. Memeriksa kelembaban udara sebelum membaca barometer
c. Memastikan posisi barometer dalam keadaan tegak lurus
d. Menyentuh permukaan barometer sebelum membacanya
e. Mengamati arah angin sebelum membaca barometer
Jawaban: c. Memastikan posisi barometer dalam keadaan tegak lurus
2.Bagaimana cara membaca suhu udara dengan termometer sesuai prosedur?
a. Menempatkan termometer di tempat yang terkena sinar matahari langsung
b. Membaca suhu dengan cepat tanpa menunggu termometer merespon
c. Memastikan bahwa termometer terkena sumber panas langsung
d. Mengamati ketinggian awan sebelum membaca suhu udara
e. Menunggu beberapa saat setelah menempatkan termometer di lokasi sebelum membaca suhu
Jawaban: e. Menunggu beberapa saat setelah menempatkan termometer di lokasi sebelum membaca suhu
3.Apa yang harus diperhatikan saat membaca tekanan udara dengan menggunakan barometer?
a. Memeriksa arah angin sebelum membaca tekanan udara
b. Menempatkan barometer di dekat sumber panas
c. Memastikan bahwa jarum barometer dalam keadaan tidak bergerak saat membaca
d. Membaca tekanan udara secara langsung tanpa menunggu beberapa saat
e. Membaca tekanan udara dengan posisi barometer yang miring
Jawaban: c. Memastikan bahwa jarum barometer dalam keadaan tidak bergerak saat membaca
No. 4.4
1.Mengapa perlu dilakukan koreksi terhadap hasil pembacaan di atas permukaan laut?
a. Agar hasil pembacaan lebih akurat
b. Untuk membuat pembacaan menjadi lebih rumit
c. Agar pembacaan tidak lagi diperlukan
d. Agar hasil pembacaan tidak terpengaruh oleh kondisi cuaca
e. Untuk membuat pembacaan menjadi lebih murah
Jawaban: a. Agar hasil pembacaan lebih akurat
2.Koreksi untuk ketinggian biasanya dilakukan karena:
a. Ketinggian dapat mempengaruhi tekanan udara
b. Ketinggian dapat mempengaruhi suhu udara
c. Ketinggian dapat mempengaruhi kecepatan angin
d. Ketinggian dapat mempengaruhi kelembaban udara
e. Ketinggian tidak memiliki pengaruh apa pun terhadap pembacaan
Jawaban: a. Ketinggian dapat mempengaruhi tekanan udara
3.Koreksi lintang diperlukan karena:
a. Lintang dapat mempengaruhi suhu udara
b. Lintang dapat mempengaruhi tekanan udara
c. Lintang dapat mempengaruhi kelembaban udara
d. Lintang dapat mempengaruhi kecepatan angin
e. Lintang tidak memiliki pengaruh apa pun terhadap pembacaan
Jawaban: b. Lintang dapat mempengaruhi tekanan udara
No. 4.5
1.Apa yang menjadi salah satu faktor luar yang dapat mempengaruhi pembacaan peralatan meteorologi di atas kapal?
a. Suhu di bawah dek kapal
b. Ketinggian kapal di atas permukaan laut
c. Tingkat kebisingan di ruang navigasi
d. Warna cat kapal
e. Kecepatan kapal
Jawaban: b. Ketinggian kapal di atas permukaan laut
2.Bagaimana ketinggian kapal dapat mempengaruhi pembacaan peralatan meteorologi?
a. Ketinggian kapal tidak memiliki pengaruh pada pembacaan peralatan meteorologi
b. Semakin tinggi ketinggian kapal, semakin tinggi pembacaan suhu
c. Semakin tinggi ketinggian kapal, semakin rendah pembacaan tekanan udara
d. Semakin rendah ketinggian kapal, semakin tinggi pembacaan tekanan udara
e. Semakin tinggi ketinggian kapal, semakintinggi pembacaan kecepatan angin
Jawaban: c. Semakin tinggi ketinggian kapal, semakin rendah pembacaan tekanan udara
3.Faktor luar lain yang dapat mempengaruhi pembacaan peralatan meteorologi di atas kapal adalah:
a. Warna cat kapal
b. Ukuran kapal
c. Kondisi cuaca di pelabuhan
d. Arus laut
e. Kedalaman laut di bawah kapal
Jawaban: d. Arus laut
Element 5
No. 5.1
1.Bagaimana kecepatan arus laut dapat dikonversikan dengan daftar pasang surut?
a. Kecepatan arus laut tidak dapat dikonversikan dengan daftar pasang surut
b. Dengan mengamati tinggi rendahnya air laut pada saat pasang surut
c. Dengan menggunakan alat pengukur kecepatan arus laut
d. Dengan membandingkan arah angin dan arus laut
e. Dengan mengacu pada data pasang surut yang menunjukkan kecepatan arus pada waktu tertentu
Jawaban: e. Dengan mengacu pada data pasang surut yang menunjukkan kecepatan arus pada waktu tertentu
2.Mengapa konversi arah arus laut dengan daftar pasang surut menjadi penting?
a. Karena arah arus laut tidak berpengaruh pada keselamatan pelayaran
b. Karena arah arus laut dapat memengaruhi pola gelombang laut
c. Karena arah arus laut tidak dapat diukur secara akurat
d. Karena arah arus laut dapat memengaruhi navigasi kapal
e. Karena arah arus laut tidak berubah seiring waktu
Jawaban: d. Karena arah arus laut dapat memengaruhi navigasi kapal
3.Bagaimana konversi kedalaman laut dan kecepatan arus laut dapat membantu keselamatan pelayaran?
a. Dengan memberikan informasi tentang tinggi gelombang laut
b. Dengan memberikan informasi tentang kecepatan arus laut pada saat pasang surut tertentu
c. Dengan memberikan informasi tentang suhu air laut
d. Dengan memberikan informasi tentang arah angin
e. Dengan memberikan informasi tentang jumlah curah hujan
Jawaban: b. Dengan memberikan informasi tentang kecepatan arus laut pada saat pasang surut tertentu
Komentar
Posting Komentar