Ukk muhammad Adithessia arief umar
Pernyataan tertulis esay ukk klaster 3
-P2tl dinas jaga kapal dan komunikasi-
1.cara berisyarat yang dibutuhkan di atas kapal
- pengisyaratan bendera mengunakan bendera bendera isyarat
- Pengisyaratan dengan cahaya
- Pengisyaratan dengan bunyi
- Dengan radio telegrafi
- Radio telephony
- Dengan bendera tangan atau lengan, semaphore atau morse
2.sebutkan apa saja seperangkat alat bendera
isyarat yang terdiri 40 lembar :
Jawaban
•26 bendera abjad atau huruf
•10 bendera ular ular atau angka
•3 ular ular penganti
•1 ular ular balas
3.Tindakan yang harus dilakukan pada saat
melihat kapal lain disebelah kanan yang
bersilangan haluan
Jawaban
- Kita harus menganggap akan ada bahaya tubrukan
- Kita harus menghindar agar tidak terjadi tubrukan sesuai aturan 8 boleh dengan mengubah haluan, kecepatan, sedemikian rupa sehingga menghasilkan pelewatan dengan jarak yang aman
- Tindakan harus kita dilakukan dalam waktu yang cukup dan tidak ragu ragu
- Kapal harus memeberikan isyarat bahwa ia akan menghindari kapal lain agar kapal yang dihindari bisa mempertahankan kecepatan dan haluannya
4.jika resiko dianggap ada tindakan yang harus
dilakukan masing masing kapal adalah
Jawaban
- Dalam situasi berhadapan masing masing kapal harus mengubah haluan sehingga bertemu di sisi kiri kapal masing masing sesuai aturan 14
- Dalam situasi Berpotongan maka kapal yang melihat kapal lain dari sisi lambung kanannya maka kapal yang melihat kapal lain dari sisi lambung kanannya harus menghindar sesuai aturan 15
- Mengunakan semua peralatan untuk menghindari tubrukan bila ragu ragu harus dianggap ada
- Mengunakan radar secara tepat guna
- Tidak boleh memberi penjelasan mengenai radar dengan keterangan yang tidak sesuai atau hanya mengira ngira
- Melakukan komunikasi dan isyarat aktif dengan kapal yang dianggap punya resiko tubrukan agar dapat mempertahankan kecepatan dan haluannya
5.tugas mualim jaga saat berlabuh jangkar
Jawaban
- Segera setelah berlabuh jangkar tentukan posisi kapal di peta yang sesuai
- Perwira jaga memeriksa posisi kapal secara berkala (lanjut atau tidak kapalnya)
- Bila hanyut lapor nahkoda secepatnya
- Melakukan ronda keliling
- Memerikasa cuaca arus pusat mengamati keadaan laut
- Tanda tanda siang, malam hari diperlihatkan
- Memastikan bahwa kesiapan mesin induk dan mesin lain dalam keadaan yang sesuai dengan pesan nahkoda
- Bila jarak tampak berkurang beritahu nahkoda
- Pastikan bahawa lampu lampu tanda berlabuh jangkar terpasang dengan benar
- Melakukan pencegahan pencemaran sesuai aturan yang berlaku
6.kapal sandar di dermaga
Jawaban
- Meronda keliling pada saat tertentu di bagian bagian kapal
- Perhatikan pasang surut di pelabuhan
- Memperhatikan tangga, tross tross serta memasang ward guard pada tali kepil
- Melarang orang yang tidak berkepentingan naik ke kapal
- Membaca draft dan mencatat ship condition
- Mencegah polusi air dan udara
- Mengontrol pemakaian air tawar dan menjaga stabilitas kapal
7.kapal sedang berlayar
Jawaban
- Memimpin dan mengkoordinasi regu jaga
- Melaksanakan tugas jaga navigasi menghadapi bahaya tubrukan, berbagai macam keadaan dan daerah pelayaran, termasuk mendampingi pandu
- Menghubungi dan mampu mengoperasikan alat alat navigasi tertentu (elektronik yang ada di anjungan)
- Melapor kepada nahkoda bila terjadi hal hal yang luar biasa atau ragu ragu
- Melaksanakan dan memonitor rencana pelayaran yang ada serta melakukan perubahan jika di perlukan ( haluan, posisi,
- menejemen Anjungan meliputi personel dan alat alatnya
- Melaksanakan peraturan yang berlaku
- Mengambil tindakan yang cepat tepat bila situasi mengharuskan untuk keamanan kapal
8.prosedur pergantian tugas jaga di anjungan saat kapal dalam pelayaran
Jawaban
- Tidak menyerahkan tugas jaga kepada orang yang tidak mampu atau sakit (beritahu nahkoda)
- Perwira pengganti harus yakin bahwa angkutan nya benar benar siap
- Semua petugas jaga peganti telah menyesuaikan diri dengan kegelapan (malam hari bila belum tidak boleh mengambil alih tugas jaga)
- Perwira penganti telah yakin tentang berbagai hal yang harus diketahui
- Perintah umum atau khusus dari nahkoda berkaitan dengan navigasi kapal,
- posisi haluan, kecepatan dan draft kapal
- Arus, cuaca, jarak tampak dan pengaruh terhadap haluan dan kecepatan
- Prosedur mengunakan mesin induk jika sistem yang digunakan
9.cara mengetahui akan ada bahaya tubrukan
Jawaban
- Bahaya tubrukan dianggap ada jika baringan pedoman kapal yang sedang mendekati tidak berubah
- Bahaya tubrukan mungkin ada walaupun perubahan walaupun ada perubahan baringan (artinya ada perubahan baringan) atau sedang mendekati kapal besar, tundaan kapal atau mendekati kapal dengan jarak yang sangat dekat
10. Penerangan dan sosok benda yang harus di pasang oleh kapal panjang 50 meter
Jawab
- Kapal tenaga yang mesinnya macet tapi masih mempunyai laju terhadap air malam hari: 2 penerang merah keliling bersusun tegak lurus, penerangan lambung dan penerangan butiran siang hari : 2 bola lampu bersusun tegak sesuai aturan 27 a
11.proseur penyusulsan kapal di laut bebas
Jawaban
1.setiap kapal yang sedang menyusul kapal lain menghindari kapal lain yang disusul itu
2. Kapal yang dianggap menyusul bilamana mendekati kapal lain dari arah yang lebih besar dari 22.5° dibelakang arah melintang bila malam hari kapal menyusul hanya melihat penerangan buritan dan tidak satupun penerangan lambung
3.bila ragu ragu maka kapal harus dianggap menyusul
4.tidakmemotong haluan kapal yang disusul dan dilewati pada jarak yang aman
12.prosedur pengusulan kapal di perairan sempit
•dalam pelayanan sempit pengusulan hanya tampak dilakukan bila kapal itu melakukan tindakan untuk memungkinkan pelewatan dengan aman
• memperdengarkan isyarat bunyi aturan 34 E (i)
- - • atau - - • •
• bila yang menyusul setuju maka ia mendengarkan isyarat bunyi atutan 34 C (ii) dan mengambil langkah untuk melewati dengan aman - • - •
Komentar
Posting Komentar